Dukung Budaya Literasi dengan Perpustakaan Keliling

0
737

www.depoktren.com–Perpustakaan keliling milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, secara rutin mengunjungi sekolah-sekolah, maupun tempat rekreasi yang ada di Kota Depok.

“Kegiatan tersebut dilakukan Diskarpus Depok untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan anak sejak usia dini,” kata Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah, usai Dinas Diskarpus Depok melakukan kegiatan Reading Marathon di SMPN 2 Depok, Selasa (12/9/2017).

Siti mengutarakan, kegiatan perpustakaan ini dilakukan pihaknya untuk membudayakan gemar membaca. Terlebih, saat ini minat baca masyarakat masih rendah.

“Kami lakukan perpustakaan keliling ini, supaya semangat gemar membaca bisa mencapai seluruh lapisan masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa,” terangnya.

Menurut Siti, jadwal perpustakaan keliling untuk bulan September 2017 akan rutin dilakukan setiap hari. Diharapkan, dengan rutinnya perpustakaan menyambangi sekolah, pihaknya dapat mengedukasi masyarakat sehingga wawasannya menjadi lebih terbuka. “Untuk saat ini kami sudah mendatangi beberapa sekolah seperti SD Negeri 1 Kalibaru, Cilodong. Selanjutnya akan rutin kami datangi sekolah-sekolah lainnya,” terang.Siti. 

Untuk mendukung kegiatan itu, Siti mengaku pihaknya menyediakan beberapa buku fiksi anak dan buku pelajaran. Bahkan, pihaknya juga kerap melakukan dongeng kepada anak agar pesan yang ada dalam buku bisa tersampaikan. “Biasanya kami mendongeng cerita anak, dan anak-anak pun antusias sekali mengikuti perpustakaan keliling ini,” tutur Siti. (Meidya)

 738 total views

LEAVE A REPLY