Pemkot Depok Bidik KLA Utama pada 2019

0
54

www.depoktren.com–Keberhasilan Kota Depok meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya memacu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk meningkatkan pencapaian di 2019 yakni meraih predikat KLA Utama. “Penilaian yang dilakukan tiap dua tahun sekali ini, diyakini hasilnya akan lebih baik dari pencapaian pada 2017 jika seluruh pihak di Kota Depok bergandeng tangan mewujudkannya,” ujar Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Depok, Sri Utomo di Balai Kota Depok, Selasa (5/9/2017).

Sri mengutarakan, untuk meraih predikat KLA Utama, ada beberapa hal yang harus diperbaiki terutama dalam memenuhi liam klaster hak anak.

“Dalam klaster I misalnya, yang mengatur hak sipil dan kebebasan. Pemkot Depok ke depan akan lebih memastikan semua anak harus memiliki Akta Kelahiran secara gratis,” terangnya.

Sri menambahkan, untuk klaster II, Pemkot Depok akan bersiap dan memastikan adanya ruang bermain ramah anak, memastikan tidak ada perkawinan dini pada anak, dan pembuatan taman bermain yang lebih masif serta perlunya dikembangkan kegiatan terkait pola asuh anak yang baik. “Kita nantinya akan lebih sering mengadakan seminar ketahanan keluarga, parenting, hingga Training For Trainer (TFT) mengenai pengasuhan anak,” tuturnya

Lanjut Sri, sedangkan, untuk evaluasi klaster III Pemkot Depok bakal mengembangkan Puskesmas Ramah Anak yang saat ini sudah tersebar di 11 kecamatan se-Kota Depok. Selain itu, juga akan ada pengembangan Posyandu Remaja di Kecamatan Cilodong.

“Pengadaan ruang laktasi di ruang-ruang publik pemerintahan maupun swasta, di kantor kecamatan, kelurahan, hingga pasar modern juga menjadi perhatian kami dalam peraihan KLA Utama,” tegas dia.

Sekretaris 1 Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Depok, Elly Farida, mengatakan, untuk memudahkan raihan KLA Utama menjadi tangggung jawab semua pihak. Karena itu, ia mengajak seluruh pihak di Kota Depok harus sudah memiliki kesadaran untuk melindungi anak-anak di Kota Depok.

“Kalau sudah seperti itu, anak-anak kita tentunya akan merasa aman di kotanya sendiri. Agar Kota Depok menjadi kota yang layak dan nyaman ditempati oleh anak-anak,” pungkas Elly. (Meidya)

54 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY