Disdik Depok Fasilitasi ABK

0
37

www.depoktren.com–Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok siap memfasilitasi dan memberikan pendampingan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Fasilitas diberikan dalam bentuk penyediaan sekolah inklusi ataupun kegiatan lainnya yang mendorong ABK berkreativitas dan berkembang.

“Kami siap memfasilitasi dan mendampingi ABK, salah satunya dengan menyediakan kuota di sekolah inklusi,” kata Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Disdik Depok, Tatik Wijayanti di Balai Kota Depok, Selasa (5/9/2017).

Menurut Tatik, pada 2011 Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menunjuk Kota Depok sebagai pilot project untuk pendidikan inklusi. 

“Ini kami lihat sebagai sebuah kepercayaan besar yang diamanahkan kepada Kota Depok, untuk bisa memberikan pendidikan yang maksimal bagi siswa ABK. Amanah ini tidak lepas dari usaha keras kita dalam melayani siswa ABK, sehingga Kemendikbud menyerahkan kepercayaan untuk saling memotivasi satu sama lain dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi ABK. Kota Depok dijadikan percontohan untuk kota-kota lainnya di Indonesia,” tuturnya.

Ketua Forum Keluarga Harmonis (FKH) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, siap bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mewujudkan pelayanan maksimal bagi siswa ABK. 

“Mereka adalah inspirasi kita semua. Mereka adalah anugerah dari Allah SWT yang patut kita jaga, dan mereka punya kesempatan yang sama seperti anak-anak normal seusianya. Kami siap bersinergi dan memberi wadah bagi siswa ABK agar bisa terfasilitasi pendidikannya dan kreativitasnya, karena mereka memiliki hak yang sama,” jelas Elly.

Diharapkan Elly, dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Kota Layak Anak (KLA) Nomor 15 Tahun 2013, memberikan harapan baru bagi siswa ABK di Kota Depok agar mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan siswa lainnya. “Mudah-mudahan Perda KLA memberikan kepastian, khususnya bidang pendidikan bagi siswa ABK,” pungkasnya. (Meidya)

37 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY