Masyarakat Diimbau Tak Mudah Tergiur Umrah Murah

0
24

www.depoktren.com–Masyarakat diimbau untuk lebih teliti dalam memilih lembaga travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Pasalnya, kini tengah marak beredar kasus penipuan di masyarakat melalui fasilitas perjalanan umrah dan haji dengan biaya murah.

“Kami imbau masyarakat tidak tergiur dengan penawaran travel yang menjanjikan biaya umroh yang tidak masuk akal. Masyarakat bisa lebih dulu datang ke kantor Kemenag untuk mencari tahu travel mana yang sudah berijin, serta terpercaya,” ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU), Kemenag Kota Depok, Supiyanto, Minggu (13/8/2017).

Menurut Supiyanto, masyarakat sebaiknya tidak mudah percaya dengan paket umrah yang murah. “Kalau di bawah Rp 20 juta itu sudah tidak logis, karena untuk tiket pesawat saja sudah hampir Rp 13 juta,” terangnya.

Supiyanto menuturkan, pihaknya akan melakukan fungsi perlindungan kepada warga melalui penerbitan surat rekomendasi untuk pembuatan pasport para calon jamaah haji dan umrah. Saat memberikan surat rekomendasi, pihaknya menerapkan lima Pasti terkait travel PPIU atau PIHK. Isi dari lima Pasti itu antara lain kepastian travelnya berijin, kepastian jadwal penerbangannya, kepastian visanya, kepastian tempat menginapnya, dan kepastian jadwal kegiatan selama melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Supiyanto berharap, upaya-upaya yang dilakukan Kemenag Depok bisa melindungi masyarakat dari masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan haji dan umrah. Masyarakat juga diminta untuk proaktif bertanya kepada pihak Kemenag Depok, jika menemukan pelanggaran yang dilakukan biro atau travel PPIU dan PIHK. (Supri)

24 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY