Diskominfo Ajak Masyarakat Wujudkan Smart City

0
33

www.depoktren.com– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya mewujudkan program Depok Smart City. Namun, untuk merealisasikan program tersebut, diperlukan peran aktif, serta dukungan dari berbagai pihak, terutama sinergitas dari seluruh elemen masyarakat.

“Smart City artinya sebuah program yang mengoptimalkan semua sumber daya dalam mencari solusi dari berbagai permasalahan yang ada di Kota Depok. Berbicara mengenai Smart City, tidak hanya terbatas pada alat saja. Namun harus ada keterlibatan langsung dari masyarakat,” kata Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono kepada depok.go.id, usai menjadi narasumber dalam panel diskusi Asia IoT Business Platform di JW Marriott, Selasa (08/08/2017).

 Lebih lanjut, ucap Sidik, banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mendukung terwujudnya program Smart City tersebut. Salah satunya, sambung Sidik, dengan memberikan informasi terhadap setiap peristiwa yang terjadi di lingkungannya.

 “Peran masyarakat dalam Smart City ini sangat banyak. Mereka bisa secara intens melaporkan apa yang terjadi di wilayahnya. Kemudian mereka sampaikan kepada kami selaku aparatur pemerintahan. Agar, setiap peristiwa yang terjadi dapat direspon dengan cepat oleh Pemerintah Kota (Pemkot),” terangnya.

Dirinya menambahkan, tantangan terbesar untuk mewujudkan program Smart City tidak hanya berasal dari ketersediaan infrastruktur yang memadai. Namun, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Depok juga harus mumpuni.

 “Sebelum mewujudkan Smart City, kita harus membangun masyarakat yang cerdas terlebih dulu. Kemudian, aparatur pemerintahannya juga harus cerdas. Kalau semua unsur sudah cerdas, barulah kita siap untuk merealisasikan Smart City di Kota Depok,” tandasnya. (Meidya)

33 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY