Diskominfo Kerjasama dengan BPS Berencana Bangun Data Center Kota Depok

0
19

www.depoktren.com–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok berencana membangun data center atau big data di Kota Depok. “Melalui data center, segala keperluan mengenai data di Kota Depok dapat dengan mudah dipakai untuk berbagai keperluan,” ujar
Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Depok, Shandy Syamsurizal, beberapa waktu lalu.

Shandy mengutarakan, data yang berkualitas dan akurat diperlukan untuk mengatasi sejumlah problem yang ada di sektor pembangunan Depok. Semua data akan disatukan agar dapat digunakan untuk panduan pengambilan keputusan.

“Ujung dari data adalah indikator. Indikator yang biasa dipakai mulai dari data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), gini rasio, inkesra, indeks kebahagiaan, dan sebagainya. Intinya kita harus memiliki data untuk mengukur indikator kinerja yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan perencanaan pembangunan selanjutnya,” jelas
Shandy.

Menurut Shandy, pembangunan data center bukan hal yang mudah dan tentu diperlukan proses yang bertahap, serta kesinergisan dari semua pihak. Salah satunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang perlu bersinergi dalam melakukan pengalihan data kepada Diskominfo.

“Data menjadi perhatian khusus untuk bisa dikelola dengan optimal oleh Bidang Statistik dan Persandian. Terkait pembagian kewenangan penanganan data di Depok, tentunya diperlukan kebijakan dari pimpinan. Sambil menunggu kebijakan, kita akan upayakan pengalihan datanya dari masing-masing OPD ke kami,” tuturnya.

Kepala Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Badan Pusat Statistk (BPS) Kota Depok, Bambang Pamungkas menuturkan, telah memiliki persamaan visi dengan Diskominfo terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan perstatistikan. Pihaknya juga menyetujui dengan rencana Diskominfo untuk membangun data center.

“Rencananya kami akan membuat beberapa model dari data-data yang ada. Model ini adalah model yang mudah digunakan dalam pembangunan, serta model yang memudahkan siapa saja untuk menggunakan data statistik yang tersedia,” kata Bambang.

Dirinya menambahkan, BPS selalu siap membantu dan mendampingi Diskominfo jika suatu saat dibutuhkan. Karena BPS dan Diskominfo harus bersinergi dalam mewujudkan pembangunan Kota Depok yang sejahtera. “BPS Selalu siap untuk bersinergis dengan Pemerintah Kota Depok,” pungkasnya. (Supri)

19 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY