IBI Depok akan Ikut Rekor MURI Pemeriksaan IVA

0
1731

www.depoktren.com–Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Depok akan ikut pemecahan catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan melakukan pemeriksaan Inpeksi Visual Asam Asetat (IVA) terbanyak se-Indonesia. Pemeriksaan IVA tersebut telah dilaksanakan serentak di Indonesia pada 5 Juli, kemarin.

Ketua IBI Kota Depok, Hendrawati Setiani mengatakan, ditargetkan ada 31.104 wanita berkeluarga diperiksa oleh 10.368 bidan dari seluruh Indonesia. Sedangkan, untuk data sementara Kota Depok menyumbang 556 wanita yang diperiksa 123 bidan di 11 kecamatan yang ada di Depok secara gratis.

“Pemecahan rekor MURI tersebut merupakan kado untuk Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-66 IBI dan Hari Bidan Internasional tahun 2017. Dan hasilnya akan terus dihitung hingga puncak HUT IBI pada 28-29 Juli 2017 di Karawang,” katanya kepada depok.go.id, Senin, (17/07/2017).

Dikatakan Hendrawati, pemecahan MURI bertujuan untuk menyosialisasikan secara massal mengenai resiko kanker leher rahim bagi perempuan yang telah menikah. Selain itu, sambungnya, masyarakat perlu mengetahui bidang punya keahlian untuk pemeriksaan IVA.

“Jadi melalui rekor MURI dapat menjadi sarana informasi massal yang efektif. Salah satunya menginformasikan fungsi bidan juga dapat melakukan pemeriksaan IVA,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, setelah IBI melakukan pemeriksaan IVA, terdapat 15 wanita yang terindikasi positif pra kanker. Maka, hasil tersebut segera dikirim IBI ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Yayasan Kanker Indonesia untuk ditindaklanjuti.

“Pemeriksaan IVA berguna untuk mengetahui sedini mungkin seseorang positif pra kanker (sebelum kanker) atau tidak, sehingga dapat dilakukan pencegahan. Kemudian, dirujuk untuk menjalani pemeriksaan lanjutan,” tutupnya. (Supri)

 1,733 total views

LEAVE A REPLY