Gelar Acara Sedekah Bumi Sekaligus Lestarikan Budaya Depok

0
69

www.depoktren.com–Sejumlah komunitas di Depok mengajak masyarakat untuk semakin mencintai bumi dan melestarikan budaya. Mereka pun menggelar acara Sedekah Bumi di Taman Kaldera, Kecamatan Tapos, Sabtu (6/5/2017).

Komunitas yang tergabung seperti Sanggar Budaya Rumah Cinta Wayang, Forum Komunitas Hijau, Komunitas Kami Ada Depok, Paguyuban Seroja Tapos Depok dan lain-lain.

Penanggung Jawab Kegiatan Sedekah Bumi, Dwi Woro Retno Mastuti mengatakan, pihaknya sudah kedua kali menggelar kegiatan Sedekah Bumi. Selain bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok, kegiatan ini merupakan refleksi dari semangat untuk membangun Depok melalui seni budaya dan kecintaan terhadap alam. “Saya sadar tidak bisa mengadakan kegiatan ini sendiri, karena itu saya mengajak komunitas-komunitas yang ada di Depok untuk bekerjasama dan menyelenggarakan kegiatan Sedekah Bumi ini,” ujar Dwi.
Rangkaian kegiatan pada Sedekah Bumi antara lain sarasehan, penanaman pohon, larung ikan, berbagai workshop dan perlombaan, pagelaran wayang serta penampilan sejumlah tarian daerah. Selain untuk menumbuhkan rasa cinta kepada budaya dan alam, kegiatan tersebut diadakan juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga Depok khususnya warga Kecamatan Tapos. “Kota Depok sebagai kota yang maju sudah sepatutnya memiliki budaya yang harus terus dipelihara dan dikembangkan,” terang Dwi.

Menurut Dwi, budaya merupakan milik semua orang. Sebab seni budaya merupakan representasi dari jiwa. Apalagi di Depok khususnya di Kelurahan Jatijajar, banyak sekali budaya yang bisa diangkat dan dikembangkan. “Jadi acara ini juga merupakan salah satu upaya kami agar seni budaya tidak semakin memudar atau punah, khususnya untuk para generasi muda yang harus paham betul akan budaya mereka sendiri,” tuturnya.

Dwi berharap beragam kegiatan bertemakan budaya dan cinta bisa semakin giat dilakukan oleh masyarakat. Serta kegiatan Sedekah Bumi bisa terus dilangsungkan setiap tahun. Dirinya berpesan agar masyarakat terus memberikan yang terbaik untuk membangun Kota Depok. “Semoga pemerintah semakin peduli lagi dengan budaya dan kelestarian alam. Sehingga bisa terus membantu kami untuk bisa mengembangkan budaya di Depok ini,” harap Dwi. (Nanda)

136 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY