Lewat Lomba Foto, Mengenang Depok Masa Lampau

0
32

www.departemen.com–Kemajuan Kota Depok saat ini, bisa kita lihat perbedaannya di masa lalu lewat sebuah foto. Lewat Lomba Khazanah Arsip Visual Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, masyarakat diajak menengok Kota Depok di masa lampau dengan sejumlah peristiwa penting di dalamnnya.

Lomba yang merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok ke-18 dan Hari Kearsipan Nasional yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2017, juga menyediakan hadiah uang pembinaan dan sertifikat bagi pemenang yang beruntung.

Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Diskarpus Kota Depok, Eneng Sugiarti menjelaskan, ketentuan foto yang dikirimkan haruslah orisinil dan belum pernah dipublikasikan di media manapun. Selain itu, peserta wajib mengirimkan negatif foto atau soft copy dari foto yang dikirimkan.

“Ketentuannya peserta mengirimkan sepasang foto yang menggambarkan objek/peristiwa penting Kota Depok sebelum dan sesudah. Dengan pengambilan gambar minimal 5 tahun,” ujar Eneng, Senin (1/5/2017).

Untuk pemenang yang beruntung, kata Eneng, sudah disiapkan panitia penyelenggara berupa hadiah uang pembinaan sebesar Rp 3 juta untuk juara I, Rp 1,5 juta untuk juara II, dan Rp 1 juta untuk juara III. Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan piagam penghargaan.

“Kami berupaya memasyarakatkan arsip melalui lomba fotografi kearsipan. Tak lupa, kami juga ingin memperkenalkan Diskarpus Kota Depok di tengah masyarakat,” katanya.

Dirinya sangat berharap, banyak masyarakat yang turut partisipasi dalam lomba yang diadakan kali ini. Karena melalui lomba ini, bisa menjadi media dalam menelusuri arsip asli di Kota Depok. “Arsip berupa foto sebagai bukti sejarah Kota Depok, dan menjadi dasar dalam penyusunan sumber sejarah Kota Depok,” pungkasnya. (Jamaal)

119 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY