Asrizal Nur akan Gelar Operet Hangtuah

0
973

www.depoktren.com–Seniman nasional yang merupakan warga Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Asrizal Nur akan menggelar Operet Hangtuah di Rumah Seni Asnur Kavling UI Timur Blok D Nomor 4, Kelurahan Tanah Baru.

Asnu begitu sapaan akrabnya mengatakan, Operet Hangtuah adalah upaya yang dilakukan Sanggar Semenanjung untuk melestarikan dan mengembangkan teater Melayu. Dikatakannya, Kota Depok selain memiliki akar budaya Betawi dan Sunda. Ada juga terselip budaya dari luar seperti Melayu di Depok.

“Operet Hangtuah adalah produksi Sanggar Semenanjung yang kelima dan disutradarai oleh Asrizal Nur. Kami akan mementaskan pada 15 April hingga 16 April 2017,” katanya Senin (10/4/2017).

Lebih lanjut, Asnur menuturkan, operet Melayu ini menceritakan, kejamnya fitnah yang dari kecemburuan dan nafsu berkuasa seorang Patih bernama Karmawijaya yang memfitnah Hangtuah seorang Laksamana Kepercayaan raja, sehingga raja memutuskan hukuman mati pada Hangtuah.

Dikatakannya, selain menyutradarai, Asrizal Nur ikut berperan sebagai raja. Kemudian Jimmy S Johansyah sebagai Datuk Bendahara. Sa’id Rega Syahringga sebagai Hang Jebat, sedangkan Hangtuah diperankan oleh Rian. Dan naskah ditulis oleh Temul Amsal.

Asrizal menambahkan, gelaran seni semacam ini adalah upaya untuk mencegah kemunduran perkembangan dunia kesenian di Kota Depok. Asnur menilai warga Depok harus mengenal akar budayanya. Sebab jika kesenian berkembang di sebuah daerah akan dapat membangun kearifan lokal, memberikan pencerahan dan memperkuat jadi diri masyarakat

“Sejalan dengan fasilitas yang memadai dan baik dari Pemerintah Kota. Maka dapat mendatangkan keuntungan bagi pemerintah dengan menjadikan kantong budaya sebagai objek wisata budaya,” pungkasnya. (Jamaal/depok.go.id)

 1,054 total views

LEAVE A REPLY