Kumpulan Seniman Ini Terus Nyalakan Gairah Seni di Kota Depok

0
43

www.depoktren.com-Kota Depok terasa jauh dari hiruk-pikuk pergelaran pentas kesenian dan kebudayaan. Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia seperti Yogyakarta, Makassar, dan Bandung yang rajin memamerkan kesenian dan kebudayaannya yang kaya. Belakangan ini, bahkan Kota Banyuwangi yang kebagian lampu sorot karena mengadakan Festival Sastra pada 26 – 30 April mendatang.

Namun, bukan berarti Kota Depok tidak punya seniman. Justru, seperti yang dikatakan salah satu penggiat seni di Depok, Jimmy S Johansyah, Kota Depok adalah tempat tidur para seniman yang telah berkelana di kancah nasional dan internasional.

Walaupun gaungnya tidak begitu bergema, seniman Depok yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Seni Depok tersebut tidak benar-benar tertidur. “Kami punya satu wadah bernama Pokja Seni Depok yang selalu pentas dengan mengusung tema kebudayaan. Ini kami lakukan agar kebudayaan kita tersosialisasi ke masyarakat,” terang Jimmy pada depoktren.com, tempo lalu.

Menurut penyair Asrizal Nur, Pokja Seni Depok merupakan sebuah lembaga di mana komunitas kesenian yang ada di Kota Depok berkumpul. “Pokja ini gabungan dari beberapa kelompok atau komunitas penggiat kesenian,” jelas Asrizal yang dikenali lewat puisi multimedia-nya.

Pokja Seni Depok ini sendiri terdiri dari sejumlah sanggar yang berumah di Kota Depok antara lain, Sanggar Seni Gong Sibolong, Sangggar Betawi Ngumpul, Sanggar Kinang Putra, Sanggar Rumah Seni Asnur, dan sebagainya.

Jimmy S Johansyah sebagai penyair yang berdomisili di Beji, Depok, menyebutkan, “Berbagai macam penggiat seni ada di Pokja ini. Mulai dari penyair yang telah berkiprah di nasional dan internasional, dramawan, penari, semua bergabung dalam Pokja Seni Depok.”

Biarpun Pokja Seni Depok kerap tampil di sejumlah acara di dalam maupun luar negeri, ungkap Jimmy, pihaknya juga selalu bergerilya menyiarkan seni dan budaya di Kota Depok. “Kami bergerilya di Depok karena kami ini tetap seniman Depok walaupun kami sudah pentas di mana saja. Inilah bentuk kepedulian kami untuk menyalakan gairah kesenian di kota ini,” tutup Jimmy. (Siska)

171 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY