Ketika Google Doodle Kenang Ibu Soed

0
54

www.depoktren.com–Hari ini halaman muka google ada yang berbeda. Terpampang di sana doodle seorang ibu sedang bernyanyi di depan anak-anak. Sosok ibu itu adalah Saridjah Niung atau dikenal dengan nama Ibu Soed. Nama yang lekat dengan terciptanya keriaan lagu anak-anak zaman dulu.

Google Doodle menampilkan gambar bergerak Ibu Soed disebabkan hari ini, Minggu, 26 Maret, merupakan tanggal lahir beliau. Ibu Soed lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 26 Maret 1908 silam dengan nama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibjo setelah menikah dengan Raden Bintang Soedibjo, barulah beliau lebih dikenal dengan nama Ibu Soed.

Lagu anak-anak ciptaan Ibu Soed yang familiar dengan anak-anak generasi 90’an, antara lain, Tik-tik Bunyi Hujan, Hai Becak, Burung Kutilang, Menanam Jagung, Pergi Belajar dan Kupu-kupu. Selain lagu anak-anak, Ibu Soed juga menciptakan lagu yang berbau nasionalis seperti, Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku.

Ada secuil kisah dari lagu Berkibarlah Benderaku. Konon, lagu tersebut terinspirasi setelah melihat kegigihan Jusuf Ronodipuro, seorang pimpinan kantor RRI menjelang Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947. Saat itu, Jusuf menolak untuk menurunkan Bendera Merah Putih yang berkibar di kantor RRI, walaupun dalam ancaman di bawah senjata api pasukan Belanda.

Ibu Soed, yang mahir memainkan alat musik biola, juga tercatat pernah mengiringi lagu Indonesia Raya bersama W.R. Supratman saat lagu itu pertama kali dikumandangkan dalam acara Sumpah Pemuda di Gedung Pemuda, tanggal 28 Oktober 1928.

Selain dikenal sebagai pemusik, pencipta lagu, dan guru musik, Ibu Soed juga pernah menjadi penyiar radio, dramawan, dan seniman batik. (Siska)

124 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY