UI Peringkat Pertama Pengelolaan Wibesite

0
751
depoktren.com–


Universitas Indonesia (UI) memperoleh peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan websiteterbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016.  Situs itu juga merilis bahwa UI meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia.

Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, pencapaian ini bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan perguruan tinggi lainnya di Indonesia yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusi masing-masing. Khususnya, dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT).

Menurutnya, pengembangan situs internet dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional menjadi salah satu strategi UI untuk menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas.

“Tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI saja melainkan bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat Global,” ujar dia dalam keterangan pers Minggu 31 Januari 2016.

Dia menjelaskan, perolehan ini didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian yang terdiri atas empat indikator. Yaitupresence merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google) danimpact yang merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan.

Kemudian,  openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx), yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh Google Scholar. Dan yang terkhir adalah excellence, merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016 yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat 2 di Indonesia dan peringkat 796 di dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat 3 dan peringkat 802), Universitas Diponegoro (peringkat 4 dan peringkat 1.442) dan Universitas Riau (peringkat 5 dan peringkat 1.502).

Sebagai informasi, Webometrics merupakan sistem perankingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasiswebsite. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif open access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Pengumuman dapat diakses pada lamanwww.webometrics.info.

Selain meraih peringkat pertama laman terbaik perguruan tinggi di Indonesia, UI juga  berhasil menjadi Perguruan tinggi Terbaik di Indonesia, dan satu-satunya perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran top 100 universities se-Asia dengan peringkat ke-79 menurut QS World University Ranking 2015-2016. (RAM)

 968 total views

LEAVE A REPLY