Selamat Jalan Alex Komang

0
158
AlexKomang. Foto: okezone
AlexKomang. Foto: okezone

depoktren.com – Inalillahiwainnailahirajiun…. Dunia seni dan budaya Indonesia sedang berduka. Seorang seniman dan aktor kawakan, Alex Komang, meninggal dunia, Jumat (13/2/2015). Pria bernama asli Saifin Nuha ini wafat di Semarang, setelah beberapa hari sebelumnya dirawat di rumah sakit di Jakarta dan kemudian dipindahkan ke Semarang.

Aktor kelahiran Jepara,Jawa Tengah, 17 September 1961 itu menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi Semarang, Jumat malam. Adalah sutradara Joko Anwar, dalam akun twitternya yang mengabarkan wafatnya Alex Komang tersebut. Dan dengan cepat informasi itu menyebar luas/ Para netizen di sosial media menyampaikan ungkapan duka dan belasungkawa untuk seniman idealis yang berhasil menggondol sejumlah Piala Citra dan penghargaan lainnya.

Alex komang adalah salah satu murid Teguh Karya. Ia binaan sutradara senior tersebut di Teater Populer. Karya-karya film Alex adalah film-film yang memiliki berkarakter dan menyampaikan pesan-pesan bernilai.

Di kalangan sineas muda, Alex adalah figur yang menjadi teladan dalam bidang seni dan perfilman. Ia mengayomi para generasi muda dan konsens dalam pengembangan film nasional. Karena itu pula, Alex Komang dipilih para insan perfilman menjadi Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) periode 2014-2017 dalam Musyawarah Besar (Mubes) Pembentukan BPI. Ini merupakan badan negara yang didirikan atas amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2009 tentang Perfilman.

alexkomang-tempo-co
Alex Komang. Foto: tempo.co

Selama memimpin BPI, antara lain Alex menyelenggarakan event besar Apresiasi Film Indonesia (AFI) yang puncaknya digelar di Istana Maimum, Medan, 13 September 2014 dan penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) di Palembang, Desember 2014. Dan masih banyak lagi kegiatan yang diselenggarkan dengan koordinasi BPI.

Kini, dunia perfilman dan bangsa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Insan film menangis. Rakyat bersedih.

Selamat jalan Alex Komang…! semoga khusnul khatimah, mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah. Amin. (red)

 

Filmografi

Sinetron:

Sumber: wikipeda.

 

1,314 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY