Mobil Tanpa Pengemudi, Mimpi yang Segera Terwujud

0
63

depoktren- Mobil canggih yang bisa berjalan tanpa pengemudi seperti layaknya di film science fiction akan menjadi kenyataan. Hasil penelitian Boston Consulting Group (BCG) yang dilansir Fortune menyebutkan bahwa pada tahun 2035 mobil otomatis tanpa memerlukan manusia sebagai pengemudi ini akan masuk ke pasar dan jumlahnya mencapai 10% dari total penjualan mobil secara global atau sekitar 12 juta mobil.

Hasil survey itu menyebutkan bahwa 44 persen para pemilik kendaraan di Amerika Serikat mempertimbangkan untuk membeli kendaraan tanpa sopir dalam 10 tahun ke depan, dan bahwa 20 persen menyatakan bersedia membayar lebih mahal untuk teknologi canggih yang dibutuhkan kendaraan tersebut.

Saat ini beberapa produsen kendaraan seperti General Motors, Volkswagen, Audi dan Mercedes, sudah berhasil membuat kendaraan dengan sistem semi-otomatis. Sistem itu diantaranya adalah kemampuan kendaraan dalam mengendalikan kemudi dan pengereman otomatis dalam situasi tertentu. Kecanggihan ini akan diterapkan pada mobil kelas premium mereka seperti Cadillac CT6 pada tahun 2016 dan Audi A8 pada tahun 2017.

Selain itu, raksasa teknologi seperti Google, ikut meramaikan dengan menjalin kerjasama dengan General Motors untuk memproduksi mobil berteknologitinggi tanpa pengemudi.

Walaupun proses kearah mobil yang full otomatis masih memerlukan waktu tetapi produsen dan pemasok telah bergerak cepat dengan meluncurkan perangkat baru yang dirancang untuk mempercepat adaptasi sistem self-driving.

Pada Consumer Electronics Show di Las Vegas yang diselenggarakan awal tahun ini, Mercedes-Benz, Audi dan BMW menampilkan kendaraan dengan berbagai kemampuan otonom. Chief Executive Daimler, Dieter Zetsche, dan Chief Technology Officer Audi, Ulrich Hackenberg, mengatakan mereka mengharapkan berbagai sistem otonom yang akan diluncurkan secara bertahap dalam lima sampai 10 tahun ke depan.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa sistem autopilot yang membantu kendaraan untuk parkir dan bisa menyesuaikan dengan kondisi kemacetan jalan diharapkan akan muncul dalam dua tahun mendatang. Kemudian pada tahun 2018 diharapkan sudah terdapat kendaraan dengan kemampuan berubah jalur secara otomatis.

969 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY