Dinkes Depok Gelar Pelatihan Hygiene Sanitasi untuk Para Pelaku Usaha Makanan

0
575

pelatihan-sanitasi-makanan2-595x396depoktren.com-Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan menjaga keamanan dan kebersihan makanan agar masyarakat terhindar dari bahaya penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan pelatihan hygiene sanitasi makanan kepada para pengelola dan pelaku usaha makanan di Kota Depok. Peserta pelatihan berasal dari pengelola makanan restoran, katering, hotel, dan rumah sakit.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya hygiene sanitasi makanan,” ujar Kabid Pengendalian Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kota Depok, Rani Martina, di Aula Dinkes, Kamis (30/10/2014).

Rani menjelaskan bahwa pihak pengelola makanan harus memahami dan mengetahui syarat menyelenggarakan makanan dalam kondisi sehat dan bersih. Hal ini meliputi kebersihan lingkungan yang harus benar-benar dijaga, kehigienisan peralatan masak dan makanan, serta koki yang memasak makanan.

Jika hal ini tidak diperhatikan, kesehatan para konsumen jelas dirugikan karena kemungkinan dapat menderita penyakit bawaan makanan. Penyakit bawaan makanan adalah suatu kondisi medis yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri dan virus, kondisi ini umumnya dikenal sebagai keracunan makanan.

“Penyakit seperti diare bahkan hepatitis A, makanya hygiene dan sanitasi merupakan fondasi awal bagi industri katering, restoran ataupun pihak hotel dan rumah sakit untuk menghasilkan produk makanan yang aman dikonsumsi,” jelasnya.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan yang merupakan perwakilan dari The Bistro Raffles Hills, mengatakan bahwa restorannya saat ini sudah memenuhi hygiene dan sanitasi, karena sudah memilah sampah kering dan sampah basah. Selain itu tempatnya terlindung dari sumber pencemar, tempat pembuangan sampah yang berada cukup jauh, sekitar 200 meter lokasinya.

“Kami pun mencuci piring selalu menggunakan cairan disinfektan, jadi kebersihannya dapat terjamin,” kata dia. (ardian)

 1,077 total views

LEAVE A REPLY