Batik Depok, Peluang Pasar Terbuka Lebar

0
692

bunur1_edit_edit_edit_edit_edit_edit_editdepoktren.com-Menurut Nur Azizah Tahmid, pengembangan batik di Depok terus dilakukan. “Masih banyak keunikan budaya Depok yang bisa diangkat menjadi motif batik. Kami mendorong masyarakat maupun pelaku usaha untuk terus mengembangkan batik Depok,” papar Nur Azizah yang juga isteri Wali Kota Depok ini.

 

Pengembangan batik Depok memiliki momentum yang bagus. Bukan hanya gairah masyarakat mencintai batik semakin besar, namun pasar produk batik juga berkembang pesat. Bahkan, kota Depok yang dihuni kalangan masyarakat urban memiliki pasar yang potensial dan besar.

 

Data Pemerintah Kota Depok memperlihatkan, pertumbuhan industri kreatif-didalamnya termasuk batik-melebihi pertumbuhan ekonomi rata-rata. Jika pertumbuhan ekonomi di Depok sebesar sekitar 7,2 persen tahun 2013, pada saat yang sama pertumbuhan industri kreatif menembus angka sekitar 8,3 persen.

 

Selain data tersebut, tantangan pengembangan batik di Depok adalah menghadapi selera pasar kaum muda urban. Ditengarai menyimpan potensi pasar yang besar, namun tidak mudah menangkap selera kaum ini. Tanpa meninggalkan khazanah khas Depok, pengembangan batik di kota ini rasanya perlu juga menggarap segmen pasar ini.(ris/selesai)

 1,600 total views

LEAVE A REPLY