Yuk Belajar Memintal Bulu Domba di Ciomas, Bogor

0
139

pintalbuludomba2

depoktren.com-Ingin melihat pembuatan kain woll? Tak perlu lagi jauh-jauh ke Selandia Baru atau New Zeland. Kini tinggal melangkah ke Ciomas-Bogor. Bahkan bisa sekalian mempraktekan berbagai tahapan proses pembuatan kain yang termasyhur di duna itu.

 

Adalah Sri Wahyuni, dosen sekaligus penggiat ekonomi kreatif plus pebisnis pendiri Sanggar Pendidikan Lingkungan Hidup dan UKM yang memiliki sarana itu. Lokasinya di Cikerti, Ciomas, Bogor. Tak jauh dari kantor Kecamatan Ciomas-Bogor.

 

“Ini alat hand carder (penyisiran bulu domba) saya beli langsung dari Selandia Baru,” ujar Sri Wachyuni yang lulusan Jurusan Pengolahan Hasil Peternakan-IPB ini. Alat ini berfungsi menyisir bulu domba hingga menjadi lembaran bulu halus yang siap dipintal.

pintalbuludomba1

Di sanggar yang tak jauh dari kediamannya itu Sri Wachyuni dibantu beberapa karyawannya membuat berbagai produk berbahan baku bulu domba. Selain dipintal menjadi benang untuk selanjutnya di proses menjadi kain, lembaran bulu halus juga dijadikan aneka boneka.

 

Adapun bulu domba dihasilkan sendiri dari mencukur domba-domba yang di ternakan di Area Pertanian Terintegrasi, juga milik Sri Wachyuni yang berada di Cikoneng, sekitar 1 kilometer dari sanggar. Domba-domba tersebut juga didatangkan dari Selandia Baru.(ris)

1,079 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY