Inilah Tari Merak dan Dolanan Karya SMPN I Depok

0
169

dolanansmpn1-1

depoktren.com-Gemuruh budaya pop tak menyurutkan murid SMP Negeri 1 Kota Depok menggeluti kesenian tradisi. Bahkan mereka bangga dengan kekayaan budaya bangsa sendiri dan mementaskannya menjadi pertunjukan yang indah dan menarik.
Seperti saat pembukaan Festival Seni dan Budaya Depok 2014 beberapa waktu lalu. Siswa-siswi sekolah menengah yang berlokasi di jalan Pemuda, Kota Depok ini menampilkan tari Merak dan tari Dolanan lengkap dengan gamelan pengiring serta penyanyi pengiring.
Mereka tampil mengenakan baju tradisi Sunda berwarna warni. Siswa pria mengenakan baju celana khas Sunda dengan sarung menyelempang kain penutup kepala. Sedang siswi perempuan mengenakan kebaya dengan kain batik.
Lagu-lagu khas Sunda mengiringi saat penampilan tari Dolanan. Beragam gerak dan permainan dipertontonkan. Siswa mempertunjukan permainan kuda-kuda an dari pelepah pisang. Sedang siswi main tari bernuansa gembira sambil lari-lari kecil.
Uniknya, pada pertunjukan ini salah seorang siswa yang kalah dalam permainan berakting menangis karena disoraki teman-temannya. Ditengah hujan, saat teman-temannya minggir dari pentas karena pertunjukan usai, siswa yang menangis malah duduk di rumpur sendirian sambil main tanah dan air hujan.

meraksmpn1
Sedang tari Merak dibawakan oleh penari yang mengenakan kostum ungu dengan hiasan aneka asesoris bulu Merak. Diiringi irama gamelan yang dimainkan rekan-rekannya, penari membawakannya dengan lemah gemulai, indah dilihat.(ris)

942 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY