Deteksi Dini Gangguan Sensorik dan Motorik

0
517
Ilustrasi perkembangan bayi 15/2/014

BabyDepokTren, Para orangtua mesti mewaspadai terhadap tanda-tanda gangguan perkembangan sensorik dan motorik pada buah hati anda sejak dini , karena pada tingkat akut , gangguan ini sulit untuk disembuhkan dan bisa menurunkan kualitas pekembangan pada masa depannya.

“Mendeteksi dan memberikan stimulasi sejak dini sangat penting untuk menghindari dampak gangguan perkembangan perkembangan sensorik dan motorik  yang makin kronis pendapat dari Amedi Nasution” Menurut Dokter Specialis Rehab Medis Anak ”Brawijaya Women and children Hospital” (BWCH).

Menurut Amendi yang juga dokter BWCH untuk menyampaikan bahwa sensorik merupakan stimulus dan rangsangan yang datang dari dalam ataupun luar tubuh melalui organ sensor, yaitu pancaindra, sedangkan motorik adalah istilah untuk menggambarkan prilaku gerakan yang ditunjukan oleh bahasa tubuh anak.

Pada tubuh manusis antara sensorik dan motorik haruslah terintegrasi dengan baik, Apabila terjadi gangguan akan menyebabkan distorsi tumbuh kembang, khususnya pada anak antara lain penurunan kemampuan fisik, prilaku, kognitif, bahasa dan sosial.

Gangguan yang cukup serius bisa mengakibatkan bagian tubuh tidak berfungsi normal dan abnormalitas dalam berkomunikasi, bahkan bisa menyebabkan keterbelakangan intelektual misalnya down syndrome, lumpuh otak (cerebral palsy) dan autis.

Untuk mendeteksi gejala-gejala tersebut menurut Dokter specilis Neurologi BWCH Attilla Dewanti, para orang tua harus memperhatikan: perkembangan motorik halus, motorik kasar, kognitif, bahasa dan sosial pada anak sedini mungkin.

Motorik kasar misalnya pada bayi normal antara usia 3-4 bulan bayi sudah dapat tengkurep, pada usia 7-8 bulan harus sudah dapat duduk dan pada usia 10-11 bulan sudah harus dapat berdiri.

Sedini mungkin priksa dan berkonsultasilah pada dokter apabila anak kita mengalami keterlambatan secara norman pada tahap-tahap tersebut ataupun terlalu cepat.   Ton_Ref Kom

 

1,084 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY