Mahasiswa UNY Menemukan Bahan Dasar Wortel Sebagai Bahan Pengawet Makanan

0
80

wortel2Depoktren Pada era saat ini, masyarakat banyak dibuat cemas dengan isu penggunaan formalin dan boraks sebagai bahan pengawet pada bakso dan beberapa makanan lainya yang pernah membuat geger dan resah masyarakat, mengingat hal tersebut menjadi perhatian para pablik dan beberapa peneliti dan akademisi merasa prihatin dan bertanggung jawab, untuk itu mengundang perhatian  dari kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melakukan penelitian.

Dilansir dari sains.kompas.com, suatu kelompok mahasiswa yang terdiri dari Ardi, Ari Purnomo, serta Herlinda Kusuma Wadani berhasil menemukan bahan pengawet alami yang aman digunakan untuk makanan seperti bakso.

Bahan pengawet alami yang dimaksud adalah ekstrak wortel atau daucus carota. Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, wortel diketahui mengandung betakaroten paling tinggi dibanding jenis sayuran lainnya. Betakaroten ini kaya akan antioksidan yang dapat menghambat fermentasi, pengasamanan, atau peruraian lain terhadap makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme. Sehingga, jika dicampurkan ke dalam adonan bakso, bakso tersebut bisa bertahan hingga tiga hari lamanya.

Terkait dengan ekstrak wortel sebagai bahan pengawet alami tersebut demikian cara pembuatannya, diterangkan bahwa mereka terlebih dahulu menghaluskan wortel dengan menggunakan blender. Setelah itu, bubur wortel diperas hingga didapati sarinya saja. Barulah, bahan ini bisa dicampurkan ke dalam adonan bakso sebagai pengawet alami.

“Biasanya bakteri akan menyerang makanan setelah satu hari. Dengan menggunakan pengawet dari ekstrak wortel ini, bakteri akan terlebih dahulu menyerang betakarotennya atau dengan kata lain mengurangi pembusukan dan pembentukan jamur,” jelas Ari.

Dengan penelitian tersebut kita berharap menjadi kesadaran para produsen makanan dan konsumen, agar mengunakan bahan-bahan pengawel alami seperti wortel,dan yang lainnya, untuk segala macam makanan seperti empe-empe, somay, tahu dan lain sebagainya.

Ton_DepTr

452 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY