Kebakaran Kampus UI, Tragedi Kaum Akademis

0
738

depoktren.com-Bencana kebakaran kembali terjadi di kampus UI. Bila pada tahun 2001 kebakaran melanda Fakultas Teknik, kali ini terjadi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI).

Menanggapi bencana tersebut, mantan Dekan FISIP UI, Prof. Bambang Shergy yang juga Guru Besar Sosiologi FISIP UI tampak sangat terpukul. Departemen sosiologi sedang dalam masa relokasi di lantai 2 gedung C FISIP UI. Gedung yang akan diresmikan dua minggu lagi ini ludes terbakar di depan matanya. Dia menyayangkan arsip, buku dan semua rujukan ilmu Sosiologi yang yang selama ini terdokumentasi akhirnya menjadi abu. Terdapat sekitar 5000 arsip yang disimpan sejak tahun 50-an di dalam ruang yang terbakar itu.

Bambang Shergy menyesalkan pembangunan fasilitas yang tidak diproteksi bencana kebakaran. Pihak departemen sudah merancang bangunan secara fungsional, estetis, dan aman dari bahaya pencurian, karena itulah banyak dipasang teralis di jendela ruangan. “Kerugian gedung bisa diukur dan dikembalikan dengan mudah dengan asuransi, namun buku-buku yang menjadi warisan dan rujukan ilmu pengetahuan ini yang sulit diadakan kembali,” ujarnya dengan sikap yang terlihat tenang walau matanya berkaca-kaca.

Sementara itu Dosen Filsafat Universitas Indonesia, Taufik Basari mengatakan bahwa kebakasan yang melanda merupakan tragedi kaum akademis. Dia menjelaskan, tidak hanya kerugian material namun yang lebih utama adalah kehilangan bahan-bahan penelitian yang sangat berguna. “Apa gunanya universitas kalau tidak ada bahan dan hasil penelitian,” ujarnya

Dia menghimbau agar tragedi ini bisa menjadi bahan penelitian pencegahan bencana, agar tidak sampai terjadi lagi di UI dan universitas-universitas yang lain. “Gedung-gedung lain di seluruh universitas harus ditelaah lagi sistem keamanannya. Kita telah menemukan satu lubang, berangkat dari sini mari kita perbaiki semuanya,” tandasnya. @akan

 1,074 total views

LEAVE A REPLY