Robino Hutapea : Tunjukkan Kerja Nyata, Jangan Cari Penghargaan

0
39

depoktren.com-Calon anggota legislatif (caleg), Robino S Hutapea mengkritisi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang belum terlihat kerja nyatanya dan hanya berkutat pada program dan mengejar berbagai penghargaan yang hanya menghasilkan sekedar pencitraan.

”Pemkot Depok kebanyakan program dan ide serta wacana saja tidak terlihat kerja nyata dan hasil yang bermanfaat langsung bagi masyarakat terutama masyarakat kecil,” ujar Robino di Depok, Jumat (6/12).

Menurut caleg untuk DPRD Kota Depok dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini, Pemkot Depok hanya berkerja sekedar meraih penghargaan belaka. Programnya banyak sekali yakni Depok Kota Layak Anak, Depok Kota Cyber City, Depok Kota Hijau, Depok One Day No Rice, One Day No Car, dan lain-lain. Penghargaannya pun banyak sekali yakni Depok Berhasil Meraih Sertifkat Adipura, Depok Sebagai Pengelola Keuangan Terbaik, Depok Raih Adhikarya Pangan Nusantara dan segudang penghargaan lainnya.

”Tapi faktanya, masyarakat tidak merasakan langsung dari prestasi-prestasi yang diraih tersebut. Walikota Depok Nur Mahmudi tampaknya menikmati sekali dengan program-program yang dicanangkannya dan penghargaan-penghargaan yang di dapat Pemkot Depok. Sementara masyarakat masih banyak yang terbelit dalam kemiskinan, banyak anak-anak yang jadi korban kejahatan dan tidak mendapat tempat untuk pendidikan, kemacetan lalulintas dimana-mana, dan lucunya Depok saat ini kerap dilanda banjir, padahal dari dulu Depok tidak pernah banjir,” tutur Robino.

Caleg dari daerah pemilihan Kecmatan Tapos dan Cilodong ini juga menyayangkan kinerja Nur Mahmudi yang hanya sibuk dengan pencitraan. ”Nur Mahmudi sibuk dengan kegiatan jumpa pers atas program dan prestasi yang didapat Pemkot Depok. Padahal bukanlah rahasia umum lagi kalau penghargaan-penghargaan tersebut didapat bisa dengan cara dibeli,” ungkap Robino.

Untuk itu lanjut wartawan senior Sinar Harapan ini, dengan pengalamannya sebagai wartawan mengetahui persis apa yang diinginkan masyarakat, bagi mereka bukan penghargaan yang diainginkan tapi kerja nyata. ”Banyak saya temukan warga kurang mampu yang belum memiliki akta kelahiran anaknya, karena itu dengan iklas saya bantu warga tersebut dengan memproses akta lahir secara gratis,” terang Robino yang belum lama ini menyerahkan akta kelahiran anak kepada sejumlah warga yang tidak mampu di Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Kota Depok.

Diungkapkan Robino, dari hasil sosialisasinya ke masyarakat selama ini, tidak sedikit masyarakat yang belum memiliki identitas kependudukan. Misalnya, akta kelahiran, akta perkawinan, kartu keluarga (KK) dan bahkan KTP. Dalam setiap pertemuannya, dia terus mengimbau agar warga dapat melengkapi seluruh identitas kependudukan yang dibutuhkan. “Tugas sosialisasi ini, semata-mata bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi termasuk caleg maupun wartawan,” ungkap Robino Hutapea, yang masih aktif sebagai anggota tetap Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok ini.

Bahkan Robino mengaku, masih banyak menemukan warga yang tak mampu yang tidak mencicipi bangku sekolah menengah pertama (SMP). Hal itu, karena ketidakmampuan orang tuanya menyekolahkan anaknya ke SMP swasta. @azra

278 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY